Sunday, January 15, 2012

Sleep Buster, Alarm Mengantuk Bagi Pengendara Mobil

Keamanan berkendara telah menjadi prioritas. Pengendara mengantuk menjadi salah satu sebab tingginya kasus kecelakaan. Nah, perusahaan asal Jepang meluncurkan produk inovatifnya yakni Sleep Buster. Alat ini
dipasang pada kursi mobil dan memicu alarm ketika pengemudi hendak tertidur saat mengemudi.

Cara kerja perangkat ini dengan mengumpulkan sinyal berdasarkan detak jantung pengemudi dan sensor gelombang, yang berada di kursi pengemudi. Perangkat ini mampu menunjukkan tujuh tingkat kondisi seperti fisik, konsentrasi, relaksasi, gangguan, kelelahan, mengantuk dan segera memberitahukan baik oleh suara dan layar.

Perangkat ini mengukur sinyal pengemudi setiap 18 detik dan akan memperingatkan pengemudi sekitar 10 menit sebelum mengantuk. Dengan demikian akan cukup waktu untuk meminggirkan mobil di pinggir jalan untuk beristirahat atau berganti pengemudi.

Disamping itu, dengan perangkat lunak Tachometer Manusia, operator mobil akan dapat melacak kesehatan driver dan perubahan status lainnya seperti mengemudi dalam keadaan mabuk selama bekerja mereka.

Perangkat ini dikembangkan oleh Tooling Delta Co, Universitas Tokyo, Oita University dan Shimane Institut. Perangkat ini mulai akan ditawarkan di Jepang awal Februari dengan sekitar USD $2.000. Belum ada pernyataan resmi apakah produk ini akan dijual di luar Jepang.

sumber:yahoo