Tuesday, April 10, 2012

Linow, Danau Unik yang Bisa Berubah Warna di Sulut

Selain Danau Tondano yang terkenal, ternyata Sulawesi Utara memiliki danau lain yang tak kalah indahnya, yaitu Danau Linow. Airnya yang bisa berubah warna menjadi daya tarik danau cantik ini.

Warna air danau yang dapat berubah dengan sendirinya terjadi karena danau ini mengandung kadar belerang yang sangat tinggi. Hal unik tersebut berhasil menarik banyak wisatawan yang penasaran untuk berkunjung ke objek wisata air andalan Sulawesi Utara ini.

Danau ini terletak di Kabupaten Tomohon, Sulawesi Utara. Untuk bisa masuk ke kawasan danau, Anda harus membayar tiket sebesar Rp 25.000. Harga tersebut sudah termasuk secangkir teh atau kopi dan snack ringan, seperti kue kelapa.

Tak hanya pemandangannya, Danau Linow ternyata juga memiliki satwa endemik berupa burung belibis dan ribuan serangga yang unik. Oleh penduduk setempat, serangga tersebut dinamakan sayok atau komo. Serangga ini merupakan serangga yang hidup di air, tapi bersayap dan bisa terbang. Uniknya lagi, sayok atau komo menjadi konsumsi penduduk setempat.

Dengan semua kecantikannya, Danau Linow akan membuat Anda takjub ketika Anda berkunjung ke sana. Menikmati pemandangannya dari tepi danau sambil berfoto-foto bersama keluarga akan menjadi kegiatan yang menyenangkan. Kendati demikian, Anda harus berhati-hati dengan kubangan lumpur panas yang ada di tepi danau.

Saat ini, hampir semua maskapai penerbangan menyediakan penerbangan menuju Bandara Internasional Sam Ratulangi, Manado. Dari sana, Anda bisa langsung menuju Kota Tomohon dengan jarak 37,6 km dan dapat ditempuh selama 40 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor. Dari Tomohon, perjalanan dilanjutkan menuju lokasi wisata sejauh 700 meter.

sumber:detik.com