Saturday, October 1, 2011

Hal-hal Sederhana (Tetapi Menarik) di Kota Solo

#1. Nasi Liwet
Nasi liwet adalah makanan khas kota Solo. campuran bumbu, kuah, santan, dan lauknya sangat tepat sehingga menciptakan kenikmatan tersendiri dibandingkan dengan makanan
kahs Solo yang lain. dan jika nasi liwet disajikan hangat di pagi hari, rasanya pun semakin bertambah gurih, enak, dan segar bagi siapa saja yang menkonsumsi.
tampilannya yang sederhana memberikan nilai tambah bagi penikmat makanan tradisional.


#2. Bank BI
Putih, kokoh, dan berseni tinggi. itulah Bank Indonesia. Bank yang terletak di kawasan Gladak ini tidak hanya menjadi saksi sejarah berdirinya kota Solo, namun juga menjadi ikon tersendiri bagi kota pariwisata ini. mungkin bangunan ini tidak sepopuler bangunan-bangunan megah di kota Solo, seperti Keraton, Stadion manahan, Solo Grand Mall, dan yang paling baru Solo Paragon, namun tetap saja bangunan ini selalu menjadi perhatian bagi siapa saja yang mencintai arsitektur-arsitektur berseni tinggi.


#3. Tempat Sampah
Solo sepertinya tidak main-main dengan kebersihan. hal ini dibuktikan dengan pengadaan tempat-tempat samph di taman kota. selain itu, slogan "BERSERI" juga menampah keseriusan Kota Solo dalam menjaga kebersihan.
namun sayang seribu sayang, kebersihan di kota Solo sepertinya belum sesuai dengan harapan. tempat-temnpat sampah sepertinya hanya menjadi pajangan taman kota saja. hal inikarena sampah tersebut jarang digunakan untuk tempat membuang sampah. sehingga sampah-sampah masih berserakan mengotori lingkungan.
mungkin jika kita ingin menjadikan Solo kota yang benar-benar BERSERI, kita sebagai masyarakat harus sadar akan pentingnay kebersihan lingkungan. dengan itu, diharapkan kita dapat menjaga kebersihan kota Solo, terutama dengan hal yang sederhana yaitu membuang sampah pada tempat sampah.


#4. Sungai depan Terminal Tirtonadi
Mungkin banyak warga Solo yang kurang memperhatikan atau bahkan tidak tau sebelumnya dengan keberadaan sungai di kawasan terminal Tirtonadi ini. memang sungai ini kalah populer dengan sungan Bengawan Solo yang mengalir hingga ke laut, namun jika dilihat dari posisi yang tepat sungai ini mampu menawarkan keindahan tersendiri.
misalnya saja di sore hari saat matahari tenggalam, jika kita melihat sungai ini dari sisi timur tepatnya jembatan seberang terminal kita akan dapat melihat pancaran semburat matahari terbenam. selain itu, di pagi hari saat cuaca cerah dan mendukung, kita dapat melihat tingginya gunung Merapi berwarna biru di arah barat.


#5. Patung Manahan
Sudah sepuluh tahun lebih patung ini berdiri kokoh di kawasan olah raga kota Solo. sepengetahuan saya patung ini memiliki nilai historis tersendiri (meskipun saya sendiri kurang begitu tau nilai historis dari patung ini), namun saya yakin bahwa patung ini sepertinya ingin mengobarkan semangat olah raga bagi warga kota Solo yang melewati kawasan Manahan.


#6. Bendi
salah satu alat transportasi wisata yang menarik di Kota Solo, tepatnya di kawasan Manahan pada hari Minggu pagi. transportasi ini sangant diminati bagi anak-nak, karena tarifnya yang relatif terjangkau dan bentuknya yang tradisional alias tanpa mesin berbahan bakar bensin.

#7. Polisi Penjaga Keamanan dan Ketertiban
inilah aparat keamanan yang senantiasa menjaga ketertiban saat ada perhelatan besar di Kota Solo. mungkin memang image dari penegak hukum ini saat ini sedang mengalami krisis. namun coba bayangkan jika tidak ada beliau-beliau ini, mungkin ketertiban dan keamanan Kota Solo di saat perhelatan akbar akan kacau balau. jadi, tidak ada salahnya untuk memberikan apresiasi kepada para Polisi Kota Solo yang senantiasa menjaga ketertiban dan keamanan Kota Solo saat ada perhelatan akbar.

#8. Tembok Keraton
Tembok keraton adalah bukti bahwa Solo merupakan kota kerajaan yang memiliki nilai historis tersendiri. meskipun sudah tua dan usang, namun tembok keraton masih berdiri dengan tegap dan kokoh.

#9. Kirab Budaya
Warga kota Solo boleh bangga karena kota mereka tercinta selalu memiliki kesempatan untuk mengadakan kirab budaya. semua lapisan masyarakat, mulai dari kalangan menengah kebawah, menengah, hingga menengah keatas turun ke jalan untuk berpesta bersama dan memeriahkan kirab budaya tersebut. sungguh suatu even yang spesial bagi warga Kota Solo.

#10. Taman Balekambang
sejuk dan tenang, itulah gambaran taman Balekambang. dengan harga masuk yang murah, siapapun boleh masuk ke taman kota ini untuk sekedar refreshing bersama teman, memadu kasih dengan pasangan, hingga pertemuan bisnis dengan seseorang. memang suasana yang nyaman, rindang, dan segar di Taman Balekambang ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Kota Solo.

sumber