Monday, November 7, 2011

10 Tips Branding Via Blog

Berikut ada beberapa kiat yang dapat dilakukan dalam aktifitas ngeblog alias blogging, khususnya yang berhubungan dengan personal branding adalah sebagai berikut:

1.Sediakan Profile, Portfolio dan CV Lengkap. 
Informasi lengkap harus kita berikan lewat blog kita sehingga orang semakin mudah menemukan kita. Yang penting kita sajikan adalah profile lengkap, penghargaan yang kita terima, portfolio dan pengalaman kerja kita, sertifikasi yang kita miliki, daftar publikasi paper, dan cara mengkontak kita (alamat, telepon, email, ym, dsb). Yakinlah bahwa asal positioning yang kita bentuk positif, dan semua tulisan kita sajikan dengan ikhlash untuk kebaikan masyarakat, Insya Allah tidak akan ada yang menyalahgunakan data kita untuk melakukan kejahatan.

2.Fokuskan Tema Tulisan ke Core Competency yang Kita Miliki.
Putuskan dan pilih bidang garapan alias core competency yang kita inginkan dalam karir. Fokuskan tema tulisan hanya di sekitar core competency kita tersebut. Kalau yang kita bidik ada banyak, buat dalam beberapa kategori yang mempermudah pembaca memahami positioning kita. Positioning kita biasanya kita tulis dan subtitle pada blog. Contohnya, saya menggunakan kalimat: Learning, Researching, Entrepreneuring, Teaching, Motivating and Inspiring People. Sedangkan fokus core competency yang saya kejar adalah bidang: Software Engineering, eLearning, Entrepreneurship, Kemahasiswaan, Research Methodology, Open Movement dan Knowledge Management. Meskipun kelihatan banyak, tapi sebenarnya kesemuanya itu masih dalam satu ikatan bahasan yang saling berhubungan. Usahakan kita memiliki success story pada tiap core competency yang kita kejar. Success story bisa berupa produk, services, experience atau hasil penelitian. Sucess story membuat materi dan berbagai hal yang kita sajikan lebih bermakna dan berkarakter, serta tidak garing apalagi hampa

3.Tulis Sesuai dengan Target Pembaca dan Gunakan Bahasa “Manusia”. 

Ketika target pembaca kita adalah mahasiswa, maka kita harus menyajikan tulisan dengan bahasa mereka. Bahasa pergaulan, syair lagu anak muda dan ungkapan mereka, kadang harus kita gunakan, supaya kita bisa membuat kohesi alias rekatan dengan mereka. Menggunakan bahasa paper yang jaim, jayus dan jablai akan membuat bidikan kita lari, ketika baru satu paragraf membaca tulisan kita. Jadi, mari kita gunakan bahasa “manusia” yang baik dan benar Tapi jangan terjebak ke pergeseran karakter atau positioning, usahakan tulisan kita tetap sesuai dengan karakter dan positioning kita. Ketika karakter dan positioning saya ke arah ilmiah, saya akan menyajikan tema misalnya tentang cinta dengan tetap dalam koridor ilmiah, valid dan logis, meskipun tetap terlihat sentuhan hatinya

4.Bidik Keyword yang Kita Kejar di Mesin Pencari. 
Mesin pencari adalah kultur baru pencarian, ini konsep penting yang harus kita pegang. Saya membidik beberapa keyword alias kata kunci yang sesuai dengan core competency saya. Bagaimana caranya? Dengan banyak menulis tentang suatu keyword, sebenarnya kita sudah menciptakan “banjir” keyword di mesin pencari. Kita juga bisa mengizinkan orang lain untuk membahas atau meletakkan tulisan kita pada situs atau blog mereka, asal tetap memberikan link ke URL kita. Itu sebenarnya membantu meningkatkan backlink ke blog kita. Kita dapat berusaha membidik keyword: software engineering, elearning, entrepreneurship, supaya bermunculan di setiap pencarian yang dilakukan oleh orang lain. Ketika artikel kita betebaran di berbagai situs, maka sebenarnya kita sudah membuat pusing dunia nyata dengan dunia maya Ketika banyak orang menggunakan Search Engine Optimization (SEO) untuk mencari uang di Internet, kita bisa memanfaatkan SEO dalam meningkatkan karir dan membuat lompatan dalam pekerjaan.

5.Prioritaskan Tulisan ke Tema Bidang Kita yang Sedang Booming. 
Ketika tema UU ITE dan Pornografi menjadi booming, maka cobalah mulai fokuskan tulisan ke tema bahasan UU ITE dan Pornografi di Internet. Dengan harapan bahwa imbas melesatnya pencarian di tema tersebut akan mengarah ke blog kita. Terbukti bahwa kemudian banyak TV, radio, dan surat kabar menjadikan nara sumber. Kenapa kok bisa begitu? Ya karena kultur pencarian produser dan wartawan juga ke Internet, jadi mereka mencari nara sumber dari Internet, dan ketika itu mereka akhirnya menemukan tulisan-tulisan saya. Perlu dicatat bahwa marketing dan branding adalah aktifitas mengembangkan persepsi pihak lain. Maka tulisan-tulisan saya adalah argumentasi nyata, yang membuat kita dipersepsikan mengerti dengan baik tentang bidang yang dibahas tersebut.

6.Bangun Komunitas dan Network Lewat Berbagai Layanan Social Network.
Keduanya adalah tren layanan yang digemari anak muda, pelajar dan mahasiswa kita. Ingat bahwa sebagian besar pengakses Internet di Indonesia adalah pelajar dan mahasiswa. Pemilik account Friendster dari Indonesia kabarnya menduduki peringkat tiga sedunia.

7.Gunakan Strategi Paternalistik Positif dan Heroic Leadership.
Masyarakat kita adalah masyarakat paternalistik. Itulah yang membuat perang Pangeran Diponegoro selesai tahun 1830, kenapa? padahal masih ada ribuan pasukan yang siap bertempur melawan Belanda. Alasannya hanya satu, karena Pangeran Diponegoro tertangkap Sifat masyarakat yang paternalistik sebenarnya tidak masalah kita gunakan, asal kita gunakan untuk hal yang positif. Kita bisa mempengaruhi pembaca dengan berbagai model influence tactic gaya paternalistik maupun heroic leadership. Salam perdjoeangan dengan ejaan kata ala DJ dan OE selalu didengungkan, supaya semua memahami bahwa kita sedang mengajak semua pembaca untuk tidak malas, lesu atau kehilangan motivasi. Mereka akan turut berdjoeang kalau saya juga berdjoeang, dan semua akan ikhlash mengurangi tidur kalau kita juga mengurangi tidur. Itulah paternalistik positif dan itulah heroic leadership

8.Perbanyak Tulisan dengan Keyword Target Karir.
Kita bisa kembangkan tulisan ke berbagai keyword pekerjaan dan karir yang kita bidik. Misalnya, juri software, juri multimedia pembelajaran, dosen software engineering, pakar software engineering, konsultan software engineering, pakar elearning, konsultan elearning, dsb. Semakin banyak membuat tulisan tentang tema-tema itu, semakin banyak peluang blog akan didatangi oleh pengunjung berdasar hasil pencarian pada mesin pencari yang mereka lakukan. Sekali lagi ingat konsep penting, para legenda tidak pernah mengejar harta, jabatan, tahta apalagi wanita (halah) Jadilah legenda yang banyak berkarya yang bermanfaat untuk masyarakat, dan tunggulah semua itu datang kepadamu

9.Perbanyak Tema Tentang Produk Kita.
Ketika sudah memiliki produk ataupun layanan yang siap dijual, misalnya kita mempunyai produk elearning content dan system yang siap ditawarkan, cobalah kita perbanyak tulisan dengan tema tentang layanan tersebut. Ini bukan berarti bahwa kita harus menulis tentang produk itu sendiri, tapi bisa saja ditulis bagaimana kita membuat produk tersebut, metodologi apa yang digunakan, bagaimana success story pada saat implementasi, strategi implementasi, dsb.

10.Buat Kerjasama dengan Majalah atau Koran.
Ketika tulisan kita sudah semakin matang, kia akan semakin yakin akan banyak majalah dan koran cetak yang mengajak kerjasama untuk mempublish tulisan kita lewat majalah atau koran mereka. Dan sehingga beberapa majalah rutin mengambil tulisan kita. Sehingga tugas kita hanya menulis di blog, dan mereka datang untuk mengambil tulisan yang sesuai dengan target pembaca dari majalah dan koran tersebut. Kiat ke-10 ini langkah awal yang penting untuk menghantarkan kita menjadi professional blogger, dimana kita bisa hidup dari tulisan-tulisan dan karya-karya kita.

sumber:http://isidunia.blogspot.com/2011/10/10-tips-branding-via-blog.html