Sunday, April 15, 2012

5 Hal yang Perlu Diketahui Selama Liburan di Bandung, Tanpa Kemacetan

Selalu saja ada alasan baru untuk mengunjungi kota yang hanya berjarak sekitar dua jam perjalanan menggunakan mobil dari Jakarta ini.

Tips menikmati liburan di Bandung tanpa macet:

1. Berangkatlah sepagi mungkin.

Kamu mungkin enggan bangun pagi di akhir pekan tetapi semakin awal berangkat maka semakin banyak pengalaman yang bisa kamu dapat selama liburan di bandung. Menikmati sajian kuliner di GOR Padjajaran yang hanya buka hingga pukul 10.00 atau tiba di FO yang baru saja dibuka pukul 09.00 akan membuat kamu lebih leluasa mengatur waktu selama berada di kota ini.

2. Jika pergi sendiri atau berdua dan hanya ingin melakukan daytrip, saya sering menggunakan sarana transportasi shuttle saat liburan ke bandung.

Saat ini terdapat puluhan shuttle Jakarta-Bandung dengan frekuensi keberangkatan setiap setengah atau satu jam sekali. Beberapa bahkan menjadikan mall sebagai pick up point sehingga cukup mudah dijangkau. Pilih rute yang melewati atau dekat tempat wisata yang dituju dan tak lupa pesan tiket pulang dulu sebelumnya. Cara ini selain praktis juga akan membantu mengurangi kemacetan selama warga luar kota melakukan liburan di Bandung.

3. Tol Padalarang-Cileunyi tidak hanya bermuara di pintu tol Pasteur, lho!

Masih ada 5 pintu tol lain yang akan membawa kamu ke berbagai kawasan lain dari kota kembang dan otomatis mempermudah perjalanan anda selama liburan di Bandung. Pintu tol Pasir Koja, Kopo dan Muhammad Toha akan membawa Anda lebih dekat ke kawasan pusat kota sekitar Jalan Astana Anyar dan Otto Iskandar Dinata serta Alun-alun Bandung yang menawarkan banyak jajanan, belanja, dan obyek wisata sejarah. Sementara itu Pintu tol Buah Batu akan membawa kamu ke kawasan selatan Bandung yang juga menawarkan beragam suguhan kuliner menarik selama liburan di Bandung. Pintu tol Cileunyi merupakan gerbang ke Bandung timur dengan beberapa aktraksi yang cukup menarik, diantaranya adalah Saung Mang Udjo.

4. Kenali jalan-jalan sentra kuliner dan belanja yang kerap menjadi biang macet saat liburan di Bandung.

Diantaranya adalah Jalan Pasteur, Cihampelas, H. Djuanda (Dago), R.E. Martadinata (Riau), dan Buah Batu. Hindari juga kawasan seputar lapangan Gasibu (depan Gedung Sate) yang setiap akhir pekan menjadi pusatnya pasar kaget Bandung.

5. Ajak teman kamu yang sangat mengenal kota ini.

Punya teman yang lahir dan besar atau pernah kuliah di Bandung? Ajak dia untuk menjadi pemandu perjalanan kamu selama liburan di Bandung. Bersiap-siaplah untuk melewati berbagai rute alternatif yang akan membawa kamu ke sisi lain Bandung, tanpa kemacetan.

sumber:valadoo