Sunday, April 15, 2012

Inilah 5 Spot Asyik Melihat Kota Padang dari Ketinggian

Menikmati keindahan Kota Padang dalam liburan akhir pekan kali ini adalah pilihan yang tepat. Bukit-bukit di sekelilingnya bisa menjadi spot yang sempurna. Berikut 5 titik terbaik untuk menikmati keindahan kota
Padang dari ketinggian.

Padang bisa dibilang menjadi yang paling sibuk ketimbang kota lainnya yang ada di Sumatera Barat. Kemacetan di tengah kota, belum lagi beberapa lokasi yang masih rampung dan masih menyisakan reruntuhan pasca gempa 2009 lalu menjadi pekerjaan rumah untuk Pemda yang belum terselesaikan.

Namun, di balik keruwetan ibu kota Sumatera Barat ini ada beberapa sudut yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk menyegarkan pikiran. Kota ini memang dikelilingi oleh bukit-bukit. Dari bukit-bukit inilah Anda bisa menikmati indahnya Kota padang dari ketinggian. Berikut 5 bukit yang bisa menjadi pilihan Anda.

1. Bukit Lampu
Bukit yang berada di Jalan padang-Painan ini sebenarnya adalah mercu suar. Mercu suar yang sudah ada sejak zaman Belanda ini terletak sekitar 17 km ke arah selatan dari pusat Kota Padang. Untuk sampai di lokasi ini Anda harus mengikuti pinggiran tebing dengan pemandangan pelabuhan Teluk Bayur.

Sudut Bukit Lampu ini berada pada ketinggian sekitar 150 mdpl dan langsung berdampingan dengan Samudera Hindia. Dari lokasi ini Anda bisa melihat Teluk Bayur dan seisi Kota Padang yang berada di antara Bukit Putus.

Cuaca cerah dan saat matahari terbenam merupakan waktu terbaik untuk mengunjungi Bukit Lampu. Pulau-pulau kecil, kapal-kapal yang meninggalkan Teluk Bayur, luasnya Samudera Hindia, dan matahari terbenam akan menjadi panorama alam yang menarik dari atas bukit ini.

2. Pelataran Rektorat Universitas Andalas (UNAND)
Letaknya yang menghadap langsung ke Samudera Hindia dengan ketinggian sekitar 250 mdpl membuat kampus UNAND mempunyai latar belakang panorama yang indah. Dari pelataran rektorat UNAND ini Anda bisa melihat keseluruhan Kota Padang. Birunya Samudera Hindia dan hijaunya perbukitan terlihat sangat cantik.

Tertarik melihat keindahan Padang dari kampus yang juga dikelilingi hutan tropis ini? Anda harus melakukan perjalanan sekitar 25 menit ke arah timur Kota Padang.

3. Taman Siti Nurbaya
Taman Siti Nurbaya berlokasi tidak jauh dari Pantai Padang. Dari Pantai Padang Anda tinggal menyewa ojek untuk menuju pintu masuk makam Siti Nurbaya.

Setelah tiba di pintu makam, Anda harus menaiki ratusan anak tangga yang mengitari Bukit Gunung Padang. Setelah melewati makam Siti Nurbaya maka Anda akan sampai di taman cantik dan asri yang berada di puncak bukit.

Nah, taman itulah yang dinamakan Taman Siti Nurbaya. Dari taman yang berada pada ketinggian 90 mdpl ini Anda akan melihat langsung ke laut, pulau, pantai, kota, dan pegunungan Bukit Barisan yang berjejer angkuh di belakang Kota Padang.

Bila Anda ingin berkunjung ke sini, waktu paling tepat yang paling tepat adalah saat matahari terbangun. Sunrise cantik di balik Gunung Talang, lampu-lampu nelayan di tengah laut, dan lampu kota yang beraneka warna tampak cantik menghiasi bagian dari Pulau Sumatera ini.

4. Panorama Sitinjau Lauik
Untuk lokasi yang satu ini memang agak jauh dari Kota Padang. Letaknya berada di 30 km ke arah timur menuju Kota Solok atau tepat berada di pinggir Jalan Padang-Solok. Sebelumnya Anda juga harus terlebih dahulu masuk ke Kawasan Cagar Alam Taman Hutan Raya Bung Hatta.

Ada dua titik dengan ketinggian berbeda yang bisa Anda pilih untuk melihat keindahan Kota Padang, yaitu 450 mdpl dan 850 mdpl. Namun, yang paling nyaman adalah pada ketinggian sekitar 850 mdpl.

Lokasi ini di kelilingi oleh hutan tropis dan jejeran pinus yang masih terjaga. Di sini Anda bisa melihat pemandangan kota, pulau-pulau kecil, dan garis pantai di sekitar Kota Padang. Datanglah di pagi hari antara pukul 08.00-11.00 WIB karena pada sore hari biasanya daerah ini tertutup kabut dan sering turun hujan.

5. Gunung Pangilun
Daerah ini sebenarnya merupakan tempat pengolahan air minum, tapi bisa menjadi pilihan untuk melihat keindahan Kota Padang dari ketinggian. Namun, sejak Tsunami Aceh 2004 silam lokasi yang berada pada ketinggian sekitar 70 mdpl dijadikan sebagai tempat evakuasi tsunami.

Untuk mencapai lokasi ini dari Pantai Padang hanya berjarak sekitar 3 km. Tepatnya di jalan Gajah Mada, pusat kota Padang.

Dari puncak Gunung Pangilun Anda bisa melihat pemandangan Kota Padang sejauh 360 derajat. Di sisi barat dan utara akan terlihat garis pantai dan Samudra Hindia. Sedangkan di sisi timur dan selatan terbentang gugusan pegunungan Bukit Barisan yang tinggi menjulang. Kalau cuaca sedang bagus, Anda bisa melihat puncak Gunung Talang dari sini.

Berminat mencari tempat akhir pekan di Padang? Kelima lokasi ini bisa jadi pilihan Anda.

sumber:detik