Thursday, November 3, 2011

Kebab Ikan Tongkol Sehat & Murah ala IPB

Kreativitas generasi muda seakan tidak pernah habis. Kali ini, inovasi dilakukan pada bidang kuliner. Bagaimana jika kebab yang berbahan baku utama daging sapi, domba, atau kambing, diganti dengan daging
ikan?

Ya, mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) mengganti bahan baku utama dalam panganan tersebut dengan sumber daya lokal, yakni ikan tongkol. Mereka adalah Larasati Anggraini, Suci Ariyanti, Lutfhan Hadhi P, Haruni Aini dan Muhammad Rifqi yang menciptakan makanan cepat saji yang dipasarkan secara luas dengan nama Kebab Caprio.

Jumlah ikan di Indonesia yang tidak sebanding dengan tingkat konsumsi ikan di masyarakat, rendahnya tingkat pengetahuan tentang kandungan gizi ikan, serta terbatasnya keterampilan dalam mengolah hasil perikanan, menjadi latar belakang mereka melakukan inovasi tersebut.

"Maka, untuk meningkatkan minat masyarakat untuk mengkonsumsi ikan, perlu ada inovasi produk olahan ikan sesuai gaya hidup manusia masa kini yang serba praktis. Kebab Caprio hadir memberikan solusi serta memanfaatkan peluang pasar yang memiliki prospek positif di masa depan," ujar Ketua Tim Larasati, Rabu (2/11/2011).

Selain itu, kebab olahan para mahasiswa ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan kebab yang ada di pasaran pada umumnya. "Penggunaan daging ikan tongkol sebagai bahan baku sangat menyehatkan karena rendah lemak, rendah kolesterol, dan kaya omega 3. Harga ikan tongkol pun lebih ekonomis sebagai subtitusi daging sapi atau kambing sebagai isian," tuturnya.

Kebab Caprio telah dipasarkan secara luas. Dengan harga Rp6 ribu, masyarakat dapat menikmati kebab dengan tiga pilihan rasa, yaitu Tropical Fruit  kebab, Curry Sauce kebab, dan Original fish kebab.

Melihat tanggapan pasar yang positif, Larasati dan kawan-kawan berencana merentangkan sayap lebih lebar dengan membuka sejumlah gerai baru. Ke depannya mereka berharap dapat menjadikan usaha ini sebagai bisnis waralaba yang siap bersaing di industri makanan di Indonesia.

sumber:http://kampus.okezone.com/read/2011/11/01/372/523519/kebab-ikan-tongkol-sehat-murah-ala-ipb