Thursday, January 26, 2012

5 Etika Ketika Keluar dari Pekerjaan

Selama bekerja dan menjadi seorang karyawan, banyak pelajaran dan pengalaman yang didapatkan. Begitu juga dengan perusahaan yang telah menghormati dan menghargai keberadaan Anda serta membutuhkan Anda
selama ini.

Namun, Anda berencana untuk pindah kerja dan memulai perjalanan karir yang baru. Hal tersebut membutuhkan beberapa langkah untuk dapat meninggalkan pekerjaan dengan suasana perpisahan yang hangat dan menyenangkan. Berikut lima cara yang harus Anda lakukan ketika ingin keluar dari pekerjaan, seperti dilansir oleh Life Script.

1. Memberitahu Sejak Awal
Memberitahu kepada bos dan rekan kerja sejak awal bahwa Anda ingin keluar dari pekerjaan, dapat mempermudah perusahaan untuk mencari pengganti Anda. Karena untuk mencari karyawan pengganti yang tepat dan sesuai, tidak dapat dilakukan dalam waktu yang instan. Perusahaan membutuhkan sosok pengganti Anda yang dapat melakukan pekerjaan Anda selama ini.

2. Terbuka dan Jujur
Salah satu hal terbaik yang perlu dilakukan untuk tetap menjaga hubungan yang sehat dengan rekan kerja Anda, dengan memberitahukan kepada mereka alasan Anda keluar dari pekerjaan tersebut. Bersikaplah terbuka dan jujur saat menjelaskannya.

Mungkin beberapa rekan kerja akan terkejut mengetahui Anda akan keluar. Sebagiannya lagi mungkin akan memiliki perasaan kecewa dengan keputusan Anda itu. Namun fokuskanlah pada situasi positif bahwa keputusan Anda merupakan hal yang tepat.

3. Mengambil Hal Positif
Pastinya Anda akan merasa bersemangat dan optimis tentang masa depan. Begitu juga dengan pekerjaan baru. Ketika akan meninggalkan kantor lama, hal yang perlu dilakukan adalah meyakinkan diri bahwa Anda sedang membuat keputusan yang baik untuk meninggalkan kantor tersebut.

Segala sesuatu yang mengganggu Anda sebelumnya, misalnya rekan kerja yang selalu berbicara di belakang Anda, menghindari seseorang atau sesuatu di tempat Anda bekerja, tak perlu dipusingkan. Jadilah seorang yang bijaksana dengan menganggap hal tersebut merupakan acuan untuk Anda maju dan tetap mempertahankan sikap positif.

4. Membuat Pesta Perpisahan
Membuat pesta perpisahan, merupakan salah satu cara untuk dapat berkumpul dengan rekan kerja dan menghabiskan waktu bersama untuk terakhir kalinya sebelum Anda keluar dari pekerjaan. Keberangkatan Anda menandai sebuah momen penting dalam hidup dan kehidupan rekan kerja.

Sebelum meninggalkan kantor tersebut, ada baiknya juga jika menulis surat untuk rekan kerja. Surat bisa berisi pujian untuk hasil pekerjaan mereka selama ini, atau cukup menulis ucapan terima kasih untuk memberitahu mereka bahwa Anda sangat menikmati masa-masa saat bekerja dengan mereka.

5. Mengatur Diri
Salah satu hal paling penting yang patut Anda lakukan sebelum pindah ke pekerjaan yang baru adalah memastikan Anda benar-benar siap untuk masa transisi. Dengan menghadapi pekerjaan yang baru, Anda akan dihadapkan dengan berbagai macam perubahan dalam pekerjaan. Misalnya budaya bekerja di kantor yang baru jauh berbeda dengan di kantor yang lama. Jika Anda ingin semuanya berjalan dengan lancar maka Anda harus mengatur diri sebaik mungkin.

sumber:wolipop