Thursday, January 26, 2012

Tips Enyahkan Aroma Bawang Putih

Bawang putih memiliki aroma yang tajam karena mengandung allyl methyl sulphide (AMS) atau alil sulfida yang tidak dapat dipecah dalam perut. Sebaliknya senyawa tersebut akan dilepaskan dalam napas dan
keringat.

Walaupun bawang putih memiliki beragam khasiat dalam dunia masak memasak, namun efek aroma setelah menyantapnya masih kerap menjadi pemicu utama orang untuk menjauhinya. Beragam cara dilakukan, memakan permen bahkan jus. namun sebenarnya ada satu cara untuk menghilangkan aroma bawang putih, yaitu dengan minum susu setelahnya.

Kesimpulan tersebut didapatkan dari sebuah penelitian yang juga dikutip dalam thaimedicalnews.com, bahwa minum susu dapat membantu untuk menetralkan aroma nafas yang mengganggu setelah mengkonsumsi bawang putih.

Hal serupa juga dilontarkan oleh Sheryl Barringer dan Areerat Hansanugrum, seorang penulis yang menjelaskan bahwa kadar air dan lemak susu dapat memerangi bau tidak sedap akibat memakan bawang putih.

Mereka menambahkan, jika Anda tidak menyukai susu, Anda dapat memakan olahan jamur maupun kemangi sebagai alternatif, meski keduanya tidak seampuh susu.

sumber:mediaindonesia