Thursday, January 26, 2012

Tips Menghindari Kecelakaan Bagi Pejalan Kaki

Pejalan kaki memiliki hak yang sama dengan pemakai jalan lainnya (Pengendara motor/mobil). Sayangnya, kerap kali pejalan kaki menjadi korban pengendara lain yang merasa superior. 

Padahal, bila pejalan kaki dan pengendara motor/mobil mengerti petunjuk dasar keselamatan di jalan , mereka tentu tidak perlu berbenturan .

Berikut beberapa tips bagi pejalan kaki dan pengendara yang di rangkum oleh Riyanto dari Bismania Commtunity. Bagi pejalan kaki:

1. Selalu berjalan di trotoar yang telah disediakan.

2. Berpakaian dengan warna yang mencolok agar lebih mudah dilihat oleh pengendara lain.

3. Menyeberang hanya di zebra cross atau Jembatan Penyeberangan.

4. Jika menyebrangi jalan yang banyak lajur, pastikan tiap lajur telah aman untuk dilintasi. Lihat ke kanan-kiri, jangan terburu buru, beri tanda yang terlihat oleh pemakai jalan lain.

5. Ketika hendak menyeberang nengok kiri dan kanan lalu  beri waktu pada pengemudi agar bisa berhenti. Jangan memaksakan diri jika pengemudi belum terlihat memberi tanda akan menghentikan kendaraannya.

6. Jika menggunakan alat musik dengar melalui telepon genggam usahakan agar mengatur ponsel dengan mode getar, jangan menggunakan pemutar musik dengan earphone terlalu kencang, agar bisa mendengar klakson dari mobil / motor.

7. Apabila menyeberang bersama anak-anak, jangan biarkan ia terlepas dari pengawasan. Pegang tangannya erat-erat dan jangan menyeberang sambil berlari.

sumber:http://www.tnol.co.id/id/activites/7535-tips-menghindari-kecelakaan-bagi-pejalan-kaki-.html