Monday, January 16, 2012

6 Tips Menyetrika Pakaian yang Baik dan Benar

Kelihatannya sepele, namun menyetrika juga ada tips dan triknya lo.. Perbedaan bahan pembuat pakaian menyebabkan perbedaan dalam menyetrika. Beberapa tips di bawah ini bisa dicoba saat menyetrika di
rumah.

  1. Bahan pakaian seperti katun dan linen walau sudah disetrika masih sering tampak kusut. Bahan-bahan pakaian seperti ini harus diperciki air sampai agak basah, lalu gulung. Diamkan selama 1 jam. Setelah itu baru disetrika. Saat menyetrika, arahkan setrika sesuai arah serat kain.

  1. Baju yang dihiasi payet-payet saat disetrika sebaiknya diberi alas handuk. Selain itu, saat menyetrika jangan terlalu ditekan.

  1. Sebelum menyetrika rok berlipit-lipit, taruh jepitan di tiap litipannya. Tapi, jangan menggosok di atas jepitan. Saat menyetrika mulailah dari bagian dalam rok, dengan arah dari atas ke bawah. Setelah itu barulah setrika bagian luar rok.

  1. Kain damask untuk taplak atau serbet makan, akan tampak lebih berkilat bila saat penyetrikaan, kain disetrika pada bagian depannya.

  1. Bila menyetrika kain beludru, setrikalah bagian dalamnya.

  1. Bila pakaian beludru kehujanan, keringkan dengan alat pengering rambut yang disetel maksimum. Bila dibiarkan mengering sendiri, bulu-bulunya akan saling menempel.

Selamat menyetrika…

sumber:io.com