Wednesday, January 4, 2012

4 Cara Menangani Rasa Cemburu

Rasa cemburu lazim terjadi dalam hubungan asmara. Kecemburuan juga penting sebagai kewaspadaan akan bahaya yang mengancam kelangsungan hubungan.

Tapi jika cemburu berlebihan, bisa jadi senjata makan tuan. Nah, apa yang harus dilakukan untuk menghadapi rasa cemburu?

1.Mengapa Anda cemburu?
Hal yang pertama yang harus dilakukan dalam menangani rasa cemburu pada pasangan ialah mengetahui alasan mengapa Anda merasakannya. Apakah Anda merasa si dia punya perempuan lain? Apakah pasangan masih mengingat seseorang di masa lalunya? Ketahui dengan pasti, apa yang menyebabkan timbulnya perasaan cemburu.

2.Minta bantuan teman-temannya
Jika Anda telah cukup lama berkencan dengan si dia, Anda tentu mengenal teman-teman dekatnya. Cobalah tanyakan bagaimana track record si dia dalam urusan percintaan. Apakah pasangan pernah berselingkuh sebelumnya? Apakah dia lelaki yang setia? Apakah dia menunjukkan rasanya cintanya terhadap Anda di depan teman-temannya?

3.Mirror technique
Apakah pasangan terlalu sering menelepon hanya untuk mengetahui Anda sedang dimana dan sedang bersama siapa? Apakah si dia secara rutin membongkar isi ponsel Anda untuk mencari tahu siapa saja yang menjalin kontak dengan Anda? Jika tidak, mengapa Anda melakukannya pada pasangan? Inilah yang disebut mirror technique, menempatkan diri pada posisi orang kedua, agar Anda tahu bagaimana rasanya menerima perlakuan tertentu.

4.Trust issues
Jika Anda pernah merasa dikhianati oleh mantan kekasih, maka Anda memiliki trust issues alias sulit percaya pada orang lain yang disebabkan masalah tertentu. Sebenarnya wajar saja jika kemudian Anda menjadi orang yang pencemburu dan overprotektif terhadap pasangan. Bicarakan hal ini baik-baik dengan pasangan agar dia memahami apa yang Anda rasakan.

sumber:tb.com