Wednesday, January 4, 2012

8 Cara Sederhana Mencegah Keriput

Keriput menjadi masalah kulit paling menjengkelkan selain jerawat. Selain mengurangi kecantikan wajah, keriput juga menjadi tanda penuaan. Alih-alih melirik suntik botox atau metode-metode kecantikan lain yang
berbahaya bagi tubuh, cobalah cara-cara sederhana berikut ini.

1. Hindari matahari
Sinar matahari merupakan penyebab keriput nomor satu. Ahli bedah dari New York, Darrick Antell, melakukan penelitian terhadap sepasang anak kembar. Satu dari anak kembar ini senang berjemur di matahari, sedangkan satunya lagi jarang beraktivitas di luar ruangan. Hasilnya, yang senang berjemur memiliki keriput lebih banyak daripada saudaranya. Riset ini juga membuktikan bahwa keriput tidak bersifat genetik atau keturunan.

2. Memakai tabir surya
Untuk menghindari sengatan matahari, Anda harus menggunakan kosmetik yang mengandung tabir surya. Sunscreen dapat mencegah keriput dan melindungi Anda dari resiko kanker kulit.

3. Jangan merokok
Merokok mempercepat penuaan kulit. Rokok melepaskan enzim yang merusak kolagen dan elastin, komponen terpenting dalam kulit. Penelitian dari St. Thomas Hospital London membuktikan, para perokok memiliki kulit yang lebih tipis dan keriput 40 persen lebih banyak.

4. Tidur yang cukup
Dermatologis dari Yale, Nicholas Perricone menyebutkan, saat Anda kurang beristirahat, tubuh memproduksi cortisol dalam jumlah berlebih. Cortisol merupakan hormon yang merusak sel-sel kulit. Tidur yang cukup membuat tubuh Anda memproduksi HGH (Human Growth Hormone) yang membantu mempertebal sel-sel kulit, mencegah timbulnya keriput, dan kulit pun jadi lebih elastis.

5. Tidur terlentang
Para dermatologis dari American Academy of Dermatology (AAD) menyarankan untuk tidur dalam posisi terlentang. Tidur dalam posisi miring atau tengkurap dapat membuat kulit tertekan dan menghasilkan garis-garis halus yang menjadi awal mula timbulnya keriput.

6. Mengonsumsi ikan
Makanan terbaik untuk mengenyahkan keriput ialah ikan-ikanan, khususnya salmon. Makanan berprotein membantu pembentukan elastisitas kulit dan menjaga kulit agar tetap lembab dan awet muda.

7. Mengganti kopi dengan cokelat
Bagi Anda penggemar kopi, gantilah minuman favorit Anda itu dengan cokelat. Cokelat mengandung flavanol dengan kadar tinggi yang melindungi kulit dari serangan matahari, melembabkan dan membuat kulit lebih lembut.

8. Memakai kacamata
Bagi Anda yang merasa pandangan mulai kabur, segeralah memakai kacamata. Mengerutkan dahi agar pandangan terlihat lebih jelas dapat memancing timbulnya keriput. Selain itu, mengerutkan dahi membuat otot mata menegang. Memakai kacamata mencegah timbulnya garis-garis halus di sekitar mata.

sumber:tb.com