Friday, December 30, 2011

4 Cara Atasi Rekan Kerja yang Mencuri Ide Anda

Sikut-menyikut, seperti mencuri ide orang lain kerap terjadi di dunia kerja. Misalnya saja, saat rapat, tiba-tiba rekan kerja Anda memberikan ide yang oleh atasan dianggap sangat bagus. Padahal ide tersebut sebenarnya
adalah ide yang pernah Anda ceritakan pada si rekan kerja.

Ketika hal itu dialami, sudah pasti Anda merasa kesal luar biasa. Bagaimana cara mengatasi rekan kerja yang curang seperti itu?

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan seperti dikutip dari eHow:

1. Menilai situasi

Sebelum marah, ada baiknya jika Anda mengambil langkah untuk menenangkan diri terlebih dahulu. Jangan langsung protes atau mengadu ke bos bahwa ide yang dilontarkan rekan kerja tersebut milik Anda. Hal itu karena bos Anda kemungkinan tidak akan mengklarifikasikan bahwa ide tersebut memang ide Anda. Jangan bahayakan karir Anda hanya karena Anda akan dianggap sebagai tukang ngadu dan telah menciptakan ketegangan di tempat kerja.

2. Mengatur diri

Anda dapat mengatur diri dengan mengutarakan ide Anda lainnya. Tuliskan beberapa ide secara detail agar Anda ingat untuk diutarakan kepada bos saat meeting. Kalau ide Anda dicuri oleh rekan kerja, itu menunjukkan bahwa Anda orang yang kreatif yang memiliki banyak ide brilian lainnya sehingga Anda pasti memiliki sejuta ide-ide baru. Dengan melakukan hal ini juga dapat membantu atasan melihat bahwa Anda adalah pencetus ide yang akan dihargai oleh atasan.

3. Hadapi masalah

Hadapi masalah ini dengan tenang. Jadilah pribadi yang profesional sehingga Anda dapat menyelesaikannya dengan hal yang positif. Anda dapat berbicara baik-baik dengan rekan kerja tanpa harus memarahinya atau menuduhnya. Anggaplah bahwa saat itu rekan kerja sudah mewakili Anda untuk mempublikasikan ide Anda.

4. Memberikan 'hadiah'

Berikanlah 'hadiah' kepada rekan kerja yang telah mencuri ide Anda dengan mengucapkan selamat kepadanya. Hal tersebut dapat membuatnya malu dengan dirinya sendiri dan merasa menyesal. Sehingga dengan tindakan itu dapat membuat rekan kerja Anda tidak mengulangi untuk mencuri ide Anda.

sumber:wolipop