Tuesday, December 6, 2011

5 Tips Gunakan Siri di iPhone dengan Baik

Pengguna iPhone 4S mungkin sedikit mengganggu orang di sekitarnya, ketika berbicara pada ponsel mereka saat menggunakan fitur asisten pribadi dengan bantuan suara yang dinamai Siri.
Orang lain yang berada di sekitar pengguna iPhone 4S saat menggunakan Siri, menganggap bahwa pengguna tersebut aneh atau tidak wajar. Padahal saat itu pengguna ingin menambahkan tanda baca yang harus dikatakan secara lengkap, misalnya saat mengirim pesan.

Bagi pengguna iPhone 4S, kini tak perlu khawatir dianggap aneh dan dapat menggunakan Siri dengan lebih baik dan nyaman. Berikut 5 tips menggunakan Siri dengan baik, seperti dikutip PC World, antara lain:

1. Dekatkan Ponsel ke Telinga
Menggunakan Siri tidak harus menggunakan speakerphone (pengeras suara), pengguna cukup berbicara pelan dan bisa didengar oleh pengguna itu sendiri. Berbeda dengan yang ada pada YouTube, di mana pengguna terlihat bermain dengan speakerphone saat menggunakan Siri dan itu ditujukan hanya untuk merekam video saja.

2. Jarak Menggunakan Siri Minimal 10 kaki
Jangan menggunakan fitur Siri, jika pengguna berada pada jarak kurang dari 10 kaki dari aktivitas banyak orang karena itu akan menciptakan kebisingan dan tidak akurat dalam mendeteksi suara. Pengguna harus mencari tempat yang cukup tenang atau mungkin bisa saja di tempat ramai jika tidak terlalu bising, agar suara yang dideteksi Siri bisa akurat.

3. Tetap Memperhatikan Sekitar Ketika Menggunakan Siri
Menggunakan Siri memang disarankan di tempat yang nyaman dan tenang, namun jika pengguna terpaksa harus berada di suatu kerumunan tempat pekerjaan maka tetaplah perhatikan sekitar saat menggunakan Siri, agar tidak dianggap aneh.

Siri juga bisa jadi sesuatu yang menyenangkan, misalkan pengguna melakukan pertanyaan mengenai hal yang sedang dibicarakan oleh lingkungan di mana pengguna berada, maka secara otomatis Siri akan menjawab pertanyaan tersebut, jelas menyenangkan bukan?

4. Tekan Pilihan Tidak Menggunakan Siri Ketika Ditempat Umum
Percakapan pengguna dengan ponselnya saat menggunakan Siri jelas akan terganggu jika ada seseorang yang berbicara dengannya. Pengguna bisa menggunakan jari-jarinya untuk menghentikan fitur asisten suara secara opsional dan pengguna bisa kembali berbicara dengan ponsel-nya, saat sudah tidak bicara dengan orang lain.

5. Jangan Pamer Ketika Gunakan Siri
Saat menggunakan Siri, usahakan tidak berniat untuk memamerkan kecanggihan ini pada orang lain, sebab banyak orang yang belum mengerti mengenai teknologi ini. Sebagai contoh, mungkin pengguna bisa memakai headset Bluetooth atau handsfree biasa saat menggunakan Siri, sehingga pengguna seolah sedang menelpon dan tidak diketahui oleh orang banyak.