Tuesday, December 6, 2011

Inilah Platform Android yang Paling Laku

Jajaran OS Android milik Google yang diluncurkan sejak 2008 lalu kini sudah mencapai versi terbarunya, yaitu Android 4.0 alias Ice Cream Sandwich.
Meski OS ini berkembang dengan cepat dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, pengembang ponsel atau tablet kerap tidak segera mengeluarkan kode terbaru untuk perangkat Android yang telah beredar sebelumnya. Hasilnya, keenam versi OS ini masih bercokol di perangkat Android saat ini.

Dikutip dari Mashable, Senin, 5 Desember 2011, Android Developer melaporkan di situsnya bahwa OS seri 2.3.x alias Gingerbread saat ini 'bersemayam' dalam mayoritas perangkat Android saat ini, dengan persentase 50,6 persen. Angka ini didapat melalui penghitungan dari Juni hingga 1 Desember tahun ini.

Android 2.2 atau Froyo mengekor di posisi kedua dengan persentase 35,3 persen dan Eclair di posisi ketiga dengan 9,6 persen. Sebanyak 1,3 persen perangkat Android menggunakan OS seri 1.6 atau Donut. Dan percaya atau tidak, masih ada 0,8 persen yang menggunakan Android Cupcake, versi paling 'jadul' dari OS keluaran Google ini.

CNET menuliskan bahwa kemunculan Gingerbread memang cukup cepat, namun bila dibandingkan dengan pesaingnya, yaitu iOS 5, adaptasi OS ini di pasar cenderung lambat. Sebelumnya, perusahaan analisis Localytics, misalnya, menyebutkan bahwa iOS 5 telah diterapkan pada sepertiga perangkat Apple, meski baru diluncurkan seminggu.

Ice Cream Gingerbread memang belum disertakan dalam penghitungan ini, namun popularitas si bungsu dari keluarga Android ini diperkirakan akan melesat karena banyak vendor yang tertarik menerapkannya. LG, contohnya, pada minggu lalu telah mengumumkan akan menggunakan Ice Cream Sandwich pada beberapa tipe pada lini smartphone Optimus.

Adapun Samsung sudah lebih dulu meluncurkan smartphone Galaxy Nexus serta ASUS melalui tablet Eee Pad Transformer Prime.