Friday, December 9, 2011

[ Tips Profesi ] 9 Langkah yang HARUS disiapkan untuk jadi Programmer

Pertanyaan tersebut sering dilontarkan kita yang ingin menjadi programmer, darimana sebaiknya kita memulai belajar dan apa langkah-langkah selanjutnya?
Baik langsung saja :

1. Kita belajar dulu apa yang namanya algoritma, algoritma adalah urutan langkah dalam menyelesaikan masalah, darimana belajar algoritma? dari kuliah, kursus, teman, buku atau internet. kuasailah dulu semakin baik kita menguasai algoritma semakin baik pula kita dalam penguasaan algoritma. Biasanya di bangku kuliah untuk belajar algoritma memakai bahasa pemrograman pascal atau C++, kedua program ini bagus untuk algoritma.

2. Pilih bahasa pemrograman yang kita sukai, kalau masih bingung, biarkan saya beri gambaran: pemrograman itu ada dua : pemrograman desktop dan pemrograman web:
a. pemrograman desktop ialah pemrograman yang jalan tanpa browser , contoh nya adalah antivirus smadav begitu kita klik langsung jalan programnya
b. Pemrograman web ialah pemrograman yang jalan menggunakan browser, contoh nya adalah facebook , wordpress, perlu browser misal firefox, google chrome dsb untuk menjalankannya
kita mau kemana ?
kalau mau di pemrograman desktop maka pilihan programnya adalah : C++, JAVA, VB.NET, Delphi dll
sedangkan kalau mau di pemrograman web maka pilihan programnya adalah : PHP, ASP , Ruby, dll
pelajarilah salah satu dulu, ingat harus satu dulu, kalau satu sudah bisa lompat yang lain akan tidak susah, kalau satu saja tidak bisa melangkah yang lain akan tetap susah. logika pemrograman di semua bahasa sama.

3. Kuasai ilmu Database, database ibarat lemari , kalau lemari tempat penyimpanan pakaian sedangkan kalau database adalah tempat penyimpanan data. Database bermacam2 ada Ms. Access,  MySQL, SQLServer, PostgreSQL, Oracle, dsb. kenapa sih harus menguasai? ingat sebuah sistem informasi tidak lepas dari yang namanya database, website tanpa database pun dikatakan website statis yang tidak dapat berubah2. kuasailah satu saja dulu, misal MySQL, pelajarilah ilmu tentang database semisal, ERD (Entitas Relational Diagram) yaitu bagaimana membuat database saling berhubungan dengan baik entitasnya, Normalisasi database  yaitu bagaimana membuat database yang normal, dsb. Ilmu-ilmu tersebut pelajarilah perlahan-lahan.

4. Koneksikan antara bahasa pemrograman dengan database, misal sudah bisa PHP cobalah latihankoneksi ke MySQL

5. Tekun latihan, paling tidak tiap hari sediakan waktu dua jam untuk belajar

6. Terima project, setelah kita latihan banyak maka cobalah kita menerima project dari luar, bukan mengenai fee nya melainkan skill kita agar benar2 terlatih, terkadang banyak pelajaran yang dapat kita ambil dari pembuatan project. mencari project bisa dari teman, milis atau forum2 di dunia maya, misalnya PHP diantara forum project  adalah http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7765530 atau  http://www.kaskus.us/showthread.php?t=1617707.

7. Baca buku, jangan remehkan membaca buku. percayalah membaca satu buku lebih baik dari membaca selusin artikel di internet

8.Browsing internet, internet ini adalah dunia maya yang luas, berbagai informasi tersedia di sini, dari positif sampai negatif, termasuk pemrograman di internet banyak tersedia tutorial2 baik berupa artikel maupun video, meski masih lebih baik baca buku namun menggali informasi dari internet tidak kalah penting.

9. Aktif di milis atau forum, ketika ilmu basic sudah lumayan kuat cobalah bergabung di milis atau forum pemrograman. selain kita bisa bertanya jika kita kesulitan juga kita bisa membantu member yang lain yang kesulitan jika kita mengetahuinya, dalam belajar program semakin banyak kasus akan semakin baik, jangan sungkan untuk sharing pada yang lain, namun tentu aktifitas tersebut jikalau kita sedang senggang.

semoga bermanfaat

sumber:http://amahrizal.wordpress.com/