Friday, November 18, 2011

2 Aplikasi 'Siri' Hadir di Android Market

Hadirnya Siri pada iPhone 4S, membuat rivalnya, Andorid tidak mau kalah saing. Kini di Android Market telah tersedia banyak aplikasi 'Siri' khas Android.
Aplikasi mirip Siri pada Andorid, kebanyakan menggunakan sistem pengenalan suara Google. Aplikasi tersebut memang tidak semulus Siri, tapi mempunyai daya tarik tersendiri bagi pengguna Andorid.

Dilansir PC World, beberapa aplikasi suara virtual tersebut, yaitu Speaktoit Assistant dan Google's Voice Action. Mari kita lihat keunggulan dari aplikasi 'Siri' Android ini.

1. Speaktoit Assistant:
Aplikasi ini dihadirkan dengan animasi orang, dengan penampilan yang bisa diubah dalam berbagai cara. Misalnya jika pengguna memilih animasi perempuan, maka 'asisten' tersebut bisa memakai pakaian seperti gaun formal.

Aplikasi ini juga bisa menangani berbagai tugas dengan baik, termasuk memeriksa cuaca, membuat panggilan telepon dan menjawab pertanyaan. Pengguna bisa bertanya untuk pencarian web, atau menemukan lokasi pada peta tanpa perlu membuka browser default terlebih dulu.

Selain itu, pengguna Speaktoit juga bisa mengirim teks dan email. Aplikasi ini akan menulis pesan pengguna, sisanya pengguna hanya perlu memilih secara manual penerima dan subjek (pada email).

Speaktoit juga bisa men-tweet, dan memposting update status ke Facebook. Keistimewaan lain, aplikasi ini bisa memberitahu agenda pengguna hari ini, tapi tidak bisa untuk hari yang lain.

2. Google Voice Action: 
Pada aplikasi ini, pengguna harus menggunakan frase yang ditetapkan Google. Seperti untuk memutar musik, pengguna harus mengatakan, 'Listen to Benny Carter'. Sayangnya aplikasi ini lebih terbatas, seperti untuk memutar musik, mengirim teks dan email, membuat panggilan, peta lokasi, memberikan petunjuk, menulis catatan, pencarian web dan membuka suatu situs yang spesifik.

Jika pengguna mengikuti aturan main Google, maka akan merasakan aplikasi yang bermanfaat. Karena Voice Action merupakan aplikasi interaksi Google yang dikembangkan sistem operasi dengan aplikasi Google lainnya, seperti Maps yang bekerja dengan lancar.

Untuk sejumlah tugas, aplikasi ini tidak bertindak sebagai hands free, seperti yang diharapkan pada asisten virtual. Ketika bertanya tentang cuaca hari ini, maka pengguna harus melihatnya dari layar. Hal tersebut tidak begitu masalah jika sedang berjalan, tapi tentu saja akan merepotkan ketika mengemudi.