Wednesday, November 16, 2011

Inilah Jurusan Kuliah dengan Tingkat Pengangguran Tertinggi

Orang memilih jurusan kuliah berdasarkan bidang yang mereka sukai atau passion yang dimiliki. Walaupun terkadang masih ada mahasiswa yang memilih jurusan karena ikut-ikutan.

Jika sebelumnya telah dibahas sejumlah jurusan dengan tingkat pengangguran terendah, maka inilah bidang studi yang memiliki jumlah pengangguran paling banyak. Data ini diperoleh melalui sensus yang dimiliki Wall Street Journal.

Berikut 11 jurusan dengan tingkat pengangguran paling tinggi seperti dikutip dari Huffingtonpost

1. Psikologi Klinis.
Jurusan ini mempelajari integrasi ilmu, teori, dan pengetahuan klinis bagaimana memahami, mencegah, dan mengatasi gangguan psikologi seseorang serta cara pengembangan diri individu. Tingkat pengangguran lulusannya mencapai 19,5 persen.

2. Ragam Seni Rupa.
Jebolan bidang studi yang mempelajari keragaman seni rupa ini menyumbang pengangguran sebesar 16,2 persen.

3. Sejarah Amerika.
Sebesar 15,1 persen lulusan bidang studi yang mempelajari sejarah Negeri Paman Sam ini menjadi pengangguran.

4. Ilmu Kepustakaan.
Bidang studi Ilmu Kepustakaan mengajarkan bagaimana mengatur dan memelihara berbagai jenis buku yang menjadi koleksi sebuah perpustakaan di sekolah, kampus, maupun lembaga lainnya. Tingkat pengangguran lulusan ini sebesar 15 persen.

5. Psikologi Pendidikan.
Psikologi dalam mengajar, efektivitas intervensi pendidikan, dan sosial psikologi sekolah sebagai sebuah organisasi adalah kajian ilmu yang akan dipelajari pada jurusan Psikologi Pendidikan. Tingkat pengangguran jurusan ini sebesar 10,9 persen.

6. Teknologi Militer.
Bidang studi ini mempelajari pengembangan teknologi persenjataan AS. Sebesar 10,9 persen lulusannya menganggur.

7. Arsitektur.
Arsitektur merupakan bidang ilmu yang mempelajari cara merancang suatu bangunan dengan mempertimbangkan berbagai aspek, mulai dari keamanan hingga nilai seni yang dikandungnya. Pengangguran bidang studi ini sebesar 10,6 persen.

8. Psikologi Industri dan Organisasi.
Jurusan ini secara spesifik mempelajari karyawan, tempat kerja, dan organisasi demi mencapai sebuah kesuksesan. Tingkat pengangguran lulusannya mencapai 10,4 persen.

9. Ragam Ilmu Psikologi.
Tingkat pengangguran lulusan bidang studi yang mempelajari keragaman ilmu psikologi ini mencapai 10,3 persen.

10. Sastra Komparatif dan Linguistik.
Bidang studi ini mengkaji perbedaan dua budaya yang berbeda serta bagaimana mereka berkomunikasi melalui perbedaan bahasa tersebut. Tingkat pengangguran jebolan bidang studi ini mencapai 10,2 persen.

11. Keamanan dan Manajemen Administrasi Komputer.
Jurusan ini mempelajari segala hal yang berkaitan dengan teknologi informasi (IT). Mulai dari administrasi hingga menentukan tingkat keamanan jaringan komputer sebuah lembaga atau organisasi. Tingkat pengangguran lulusannya mencapai 9,5 persen.