Monday, November 14, 2011

Tips Agar Betah di Tempat Kerja


Tips yang akan saya berikan kali ini adalah menjelaskan tahap2 agar kamu bisa betah utk kerja di perusahaanmu. Berikut ini tahap2nya :

1. Saat hari pertama memasuki kantor baru, biasanya saya sebut dgn "SHOCKING MOMENT". Karena saat itu, kamu bener2 buta akan lingkungan sekitar tempat dudukmu. Tidak mengenal siapapun, tidak tau hrs berbuat apa ketika baru duduk, bahkan masih mencari2 tau siapa saja yg akan menjadi partnermu di satu divisi. Biasanya org yg paling pertama kamu kenal adalah Managermu. Saat2 "SHOCKING MOMENT" ini bisa berlangsung sampai 1 minggu, sampai kamu bener2 bisa mengetahui semua nama staff yg seruangan dgnmu.

2. Tahap kedua biasa saya sebut, " I'am is Me, & who are They? ". di tahap ini, kamu perlu untuk mengenal org2 sekelilingmu lebih mendalam, terutama bossmu (kebiasaan, & sifat2nya). Ini penting demi menjaga hubungan baik kamu dgn mereka. Contoh : Utk mereka yg memiliki sifat serius, jangan pernah bergurau dgn menggunakan cara2 yg konyol. Krn mereka sangat tdk menyukai hal itu. Sebaliknya, jika ada diantara mereka yg punya sifat humoris, akan tdk bermasalah jika bercanda dgn cara2 yg konyol (bahkan mereka menyukai itu). Tahap ini membutuhkan waktu sekitar 1-2 bulan.

3. Tahap ketiga saya sebut sebagai " Inspiring Time ". Tahap ini membutuhkan sedikit usaha & kesabaran. Yang perlu kamu lakukan adalah dekati senior kamu (satu divisi / department), utk lebih banyak mengetahui ilmu2 baru yang berhubungan dgn jobdesk kamu. Percayalah, langkah ini akan sekaligus memberikan 3 nilai lebih untuk kamu, yaitu :
a.) ilmu yang bertambah, sehingga kamu akan sangat mudah utk menjalankan pekerjaan sehari2
b.) Atasan kamu (manager / senior) akan menaruh respect kpdmu, krn melihat kesungguhan kamu utk mencari tau hal2 yg baru. & secara tdk langsung, mereka akan merasa sangat dihormati krn usahamu mendekati mereka dalam hal mencari ilmu baru.
c.) Usaha ini bisa memperluas hubungan kamu dgn atasan. Bukan hanya sebatas sbg hubungan Atasan-Bawahan, melainkan sdh menjadi hubungan Guru-Murid atau bahkan "Sahabat" di luar kantor :)

4. Tahap yang terakhir, saya sebut sbg " We are Big Family". Di dalam menjalin hubungan kerja antar sesama staff dalam suatu perusahaan, tak jarang terjadi percikan2 konflik. Dan ini umumnya sangat mengganggu Mood kerja kamu. Hal yang paling mudah utk mengatasi hal ini adalah dengan melakukan 2I ( Introspeksi,& Inisiatif ). Saat terjadi konflik, segeralah kamu introspeksi. Apa yang membuat ini sampai terjadi???. Apakah krn kesalahanmu?, atau kesalahan Dia?. Jika kesalahanmu, segeralah meminta maaf secara langsung (jangan melalui YM,atau email). Jika kamu tidak merasa salah, ada baiknya kamu yg punya "inisiatif" terlebih dahulu. Caranya??? datangi dia saat sedang tdk sibuk. Usahakan bicara 4 mata, & tanyakan scr baik2 knp sampe ada masalah seperti ini??." Kira2 saya salah di bagian mananya? "

Semoga tips2 ini bermanfaat

sumber:http://numanfaqih.blogspot.com/2009/12/tips-agar-betah-kerja-di-kantor.html