Monday, December 12, 2011

4 Ciri Anda Memerlukan Vitamin D

Dari segi kesehatan, vitamin efektif dalam mencegah dan mengobati penyakit tulang seperti osteoporosis. Menurut Mayo Clinic, cukup vitamin D dapat mencegah tekanan darah tinggi dan melindungi terhadap jenis
kanker tertentu. Vitamin ini juga dapat membantu penurunan berat badan bagi perempuan.

Baru-baru ini, sebuah studi berskala besar yang dimuat di American Journal of Cardiology menemukan bahwa meningkatkan asupan vitamin D pada pasien jantung mampu mengurangi risiko kematian sebesar 60 persen.

Tubuh manusia sebenarnya secara alami memproduksi vitamin D yang beripa hormon saat terkena sinar matahari. Namun, selama musim dingin, memang mustahil untuk mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup. Tak hanya itu, hal yang sama berlaku untuk orang-orang yang tinggal di rumah karena sakit atau yang pekerjaannya membuat mereka harus berada di dalam ruangan sepanjang hari. Siapa sajakah sebenarnya yang memerlukan vitamin D?

a. Bayi yang menerima ASI eksklusif
ASI mungkin tidak memberikan kadar vitamin D yang cukup. Maka itu, American Academy of Pediatricsmerekomendasikan suplemen vitamin D sebanyak 400 IU per hari.

b. Lansia
Para lansia tidak menyintesis vitamin D secara efektif daripada mereka yang lebih muda. Apalagi mereka yang cenderung menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan.

c. Orang berkulit gelap
Pada mereka yang berkulit gelap, pigmen melanin dapat mengurangi kemampuan tubuh untukmemproduksi vitamin D dari sinar matahari.

d. Obesitas
Lemak di dalam tubuh mengubah cara vitamin D dilepaskan ke dalam sistem.

sumber:http://www.mediaindonesia.com