Wednesday, December 14, 2011

Stres karena Pekerjaan? Lakukan 5 Tips Ini

Deadline yang memadati hari-hari kerja serta tugas yang tidak juga mencapai target, bisa membuat karyawan tertekan dan menyebabkan stres berkepanjangan. Jika ini terjadi pada Anda, jangan biarkan berlarut-larut
karena bisa mengakibatkan gangguan psikologis yang serius.

Saat stres melanda, tenangkanlah pikiran dan diamkan diri sesaat. Selanjutnya, ikutilah tips yang dilansir She Knows ini agar Anda bisa terbebas dari stres karena pekerjaan.

1. Jangan Memaksa Menyelesaikan Pekerjaan
Pikiran yang tegang membuat otak tidak bisa berpikir dengan tenang. Bisa-bisa Anda malah melakukan tindakan-tindakan yang salah. Oleh sebab itu, menjauhlah sesaat dari meja kerja Anda untuk pergi ke kantin dan pesanlah minuman dingin serta makanan kecil untuk menyegarkan otak. Mungkin Anda bisa memesan es cokelat, karena cokelat mengandung senyawa yang bisa menenangkan pikiran. Untuk makanan, pilihlah camilan seperti kue pie, quiche atau kroket.

2. Jangan Memikirkan Masalah Sekaligus
Stres akan terasa lebih menekan saat semuanya dipikirkan secara bersamaan. Cobalah membuat prioritas mana tugas paling penting yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Jika ada teman atau atasan yang mengejar-ngejar Anda dengan tugas lain, tegaskan dengan kata-kata yang bijak bahwa pekerjaan yang sedang Anda lakukan sekarang ini lebih penting dari segalanya. Dengan menentukan prioritas, berarti Anda juga membuat pekerjaan sedikit lebih ringan karena bisa fokus pada satu hal saja.

3. Berpikir Realistis
Tentukan target sesuai kemampuan Anda, jangan mematok terlalu tinggi. Kenali kemampuan diri dan bentuk gaya kerja yang cocok untuk Anda, dengan begitu Anda bisa lebih santai dan menikmati dalam menjalankan pekerjaan. Misalnya saja, jangan menawarkan untuk menyelesaikan tugas yang sekiranya akan sulit Anda kerjakan dengan maksimal. Mungkin Anda ingin memperlihatkan loyalitas dan dedikasi kerja, tapi menyanggupi pekerjaan yang jauh dari jangkauan adalah tindakan yang fatal dan justru bisa membuat Anda tambah stres.

4. Pergi ke Gym
Saat Anda merasa tertekan, biasanya kecenderungan untuk melepaskan amarah seperti berteriak, melempar atau memukul barang sangat besar. Daripada membuat seisi kantor terganggu, lebih baik lampiaskan kemarahan dan stres dengan kegiatan yang menguras tenaga seperti olahraga. Pergilah ke gym, dan ikuti kelas-kelas seperti aerobik, yoga atau kickboxing. Bisa juga melakukan treadmill atau spinning.

Dikutip dari Times of India, olahraga bisa membantu mengurangi stres dan memberi waktu bagi tubuh untuk mengisi energi saat tidak berada di depan komputer. Setelah semangat kembali lagi, Anda pun siap mengerjakan tugas kantor dengan baik.

5. Berikan 'Reward' Pada Diri Sendiri
Saat berhasil menyelesaikan pekerjaan berat, beri hadiah untuk diri sendiri. Misalnya, belanja sepasang sepatu atau sekedar memanjakan diri di tempat spa. Perlakuan tersebut bisa menjadi motivasi untuk bekerja lebih baik lagi tanpa ada beban atau pikiran yang mengganjal.

sumber:wolipop