Sunday, November 27, 2011

5 Proyek Google yang Dihentikan

GOOGLE akan melakukan pembersihan. Pada musim semi ini, mereka mengumumkan proyek-proyek yang dihentikan.

Lewat blog perusahaan, Google menyebutkan kalau perubahan itu dilakukan untuk menghadapi persaingan ketat di industri komputasi mobile dan jejaring sosial. Berikut ini lima proyek Google yang disetop.

1. Energi terbarukan

Google mulai melakukan investasi dan penelitian teknologi untuk menurunkan harga energi terbarukan pada 2007. Mereka pun fokus pada teknologi tenaga surya, termasuk pengadaan energi terbarukan untuk pusat data.

2. Knol

Google meluncurkan Knol pada 2007 untuk meningkatkan konten web agar artikel-artikel lebih mendalam. Knol bekerja seperti biasa sampai 30 Mei 2012. Pengguna dapat mengunduhnya ke dalam file atau bermigrasi ke wordpress.com. Namun, dari 1 Mei-1 Oktober 2012, tampilannya tidak dapat lagi dilihat.

3. Google search timeline

Aplikasi Google ini menampilkan grafik historis hasil permintaan pencarian. Lalu Google bisa menghapus grafik hasil historis untuk query. Pengguna dapat membatasi setiap pencarian untuk periode waktu tertentu menggunakan alat-alat perbaikan di sisi kiri dari laman pencarian.

Sejak 2004, bagi pengguna yang ingin melihat grafik dengan tren historis untuk pencarian web dapat menggunakan google.com/insights/search/ untuk data.

4. Google gear

Pada Maret lalu, Google mengatakan selamat tinggal pada ekstensi browser Gears untuk menciptakan aplikasi web secara offline dan berhenti mendukung browser baru. Mulai 1 Desember 2011, Gears yang berbasis Gmail dan Calender akan offline dan berhenti bekerja di semua browser.

Upaya tersebut dilakukan untuk menggabungkan kemampuan offline ke dalam HTML5. Misalnya pengguna bisa mengakses Gmail, Calendar dan Docs.

5. Google friend connect

Situs ini memungkinkan fitur-fitur jejaring sosial terhubung agar masing-masing penggunanya bisa saling berkomentar. Namun setelah Friend Connect diluncurkan tahun 2008, Facebook memblokir aksesnya.