Saturday, November 26, 2011

10 Karya Revolusioner Steve Jobs

Dengan 320 juta iPod, 135 juta iPhone, 35 juta iPad dan terus bertambah hingga saat ini Steve Jobs merupakan pria dibalik kesuksesan Apple yang tak terlupakan. Steve Jobs memang telah meninggalkan kita 5
Oktober 2011 lalu akibat kanker pankreas yang menggerogotinya selama beberapa tahun.

Selain Apple, Steve Jobs juga mendirikan sederet perusahaan ternama diantaranya NeXT dan Pixar.
Tulisan ini cukup ringan karena Saya hanya ingin menyajikan 10 karya revolusioner dari Steve Jobs yang telah kita kenal dan kemungkinan Anda adalah salah satu pengguna dan pecinta produk-produk buatannya.

1. Apple I
Tahun 1975 Steve Jobs bersama dengan rekannya Steve Wozniak mulai merakit komputer Apple I dibawah supervisi Ronald Wayne. Satu tahun kemudian mereka mendirikan Apple untuk mewadahi adanya komputer rakitan mereka yang kita kenal hingga saat ini.

Komputer pertama Apple dirilis tahun 1976 dengan harga $666.66 dengan ukuran lebih kecil dari papan sirkuit. Komputer pertama Apple saat itu sangat membuat daya tarik yang luar biasa kepada para hacker yang ingin mengetahui lebih dalam tentang produk tersebut yang hadir tanpa adanya keyboard, monitor bahkan catu daya. 

Komputer pertama Apple ini dikeluarkan saat acara Homebrew Computer Club dan hanya menghasilkan 200 unit komputer saja dan dipamerkan pada pameran Personal Computing Festival.

Apple sangat mengejutkan pasar saat itu dan merupakan produk komputer pertama yang diproduksi secara masal untuk komputer Apple II tahun 1977. Kehadirannya langsung sukses pasar Amerika Serikat saat itu dan hadir sebagai komputer yang sangat keren dari sisi penampilannya. Apple II berbentuk lebih ramping dan dirilis tahun 1984 yang sangat cocok untuk digunakan oleh pengguna di rumah dan pekerja kantoran.

2. Kelahiran Macintosh
Macintosh lahir 2 Januari 1984 disaat pertemuan para pemegang saham Apple dilangsungkan. Apple langsung menjadi pionir kala itu dengan merilis komputer yang hadir dengan tampilan grafis (GUI) yang pertama dan adanya mouse dengan satu tombol.

Steve Jobs secara langsung mempromosikan produk ini dengan membuat iklan televisi dengan penampilan yang sangat mengagumkan.

3. Pinter LaserWriter
Ini bukan jenis printer laser pertama yang hadir di pasaran, namun produk ini adalah kreasi Steve Jobs yang hadir untuk komputer Macintosh tahun 1985. Ukurannya lebih besar dari pada mesin microwave Anda.
LaserWriter dapat mencetak pada kertas seukuran koran dengan teknologi postscript yang memberikan kemampuan pada kita untuk menghasilkan cetakan teks, tata letak dan grafik. Printer ini diluncurkan pertama kali bersamaan dengan keluarkannya perangkat lunak Aldus Pagemaker.

4. Komputer iMac
Steve Jobs memang sempat dikeluarkan oleh Apple tahun 1985 dan langsung mendirikan perusahaan NeXT dan Pixar. Jobs kembali ke Apple tahun 1997 karena kondisi Apple yang bergerak lesu tanpa arah. Begitu Jobs kembali memimpin Apple, dia langsung mengeluarkan sebuah produk komputer bernama iMac pada 6 Mei 1998. iMac adalah sebuah revolusi komputer dengan tampilan grafis yang sangat luar biasa hebat dengan teknologi warna yang sungguh memukau.

iMac merupakan suksesor dari komputer Apple generasi sebelumnya dan menggunakan teknologi lanjutan yang lebih canggih. Ciri khas bentuk desain dari komputer iMac sangatlah unik dan menjadi pionir terhadap produk komputer lain dan hingga kini desain iMac banyak diikuti oleh vendor PC

5. Komputer Power Mac G4 Cube
Jobs memiliki impian ketika mendirikan NeXT yang belum kesampaian, dan ketika dia kembali ke Apple berusaha untuk mewujudkannya. 5 Januari 1999 dia mengenalkan Power Mac G3 pada ajang Mac World di San Fransisco.

Jobs bekerja sama dengan desainer  Apple bernama Jonathan Ive untuk menciptakan desain unik Power Mac. Tahun 2000 mereka berhasil membuatnya dengan bentuk kubus berbahan akrilik namun sayang sekali gagal dalam hal teknis. Permasalahannya terletak pada hard disk berharga $1800 yang memiliki berbagai masalah. Akhirnya Power Mac G4 dihentikan produknya setahun kemudian.

6. iPod
iPod adalah MP3 player yang dikeluarkan Apple tahun 2001 dan ini adalah salah satu produk karya Steve Jobs yang sangat revolusioner sebagai pemutar musik digital.

Dengan hard disk berukuran 5 GB mampu menampung ratusan lagu namun memiliki sedikit masalah saat awal peluncuran karena tidak kompatibel dengan mesin Windows (akhirnya mereka memperbaikinya kemudian). Setelah masalah kompabilitas dengan Windows dilakukan tahun 2002 iPod menjadi lebih popoler dan merupakan produk pemutar musik digital paling laris di Amerika Serikat.

7. Mac OS X 10.0
Tahun 2001 Jobs menghadirkan sistem operasi yang handal untuk sebuah komputer Apple yaitu Mac OS X versi 10.0 yang dijanjikan merupakan platform sistem operasi Apple masa mendatang.

Uniknya software ini dijual secara retail seharga $129 dan ternyata benar-benar revolusioner. Produk ini akan menggantikan lamanya sebuah sistem operasi lama Apple yang sudah lama tak tergantikan selama 15 tahun.

8. MacBook Pro
Ini juga salah satu produk revolusi dari Jobs yang beralih dari sistem prosesor Apple yang beralih ke produk Intel. MacBook Pro adalah laptop besutan Apple yang dapat berjalan dilingkungan prosesor buatan Intel yang semakin meroket tanpa pesaing yang berarti. Sebelumnya Apple selalu menggunakan prosesor PowerPC buatan Apple dan IBM yang sangat lama berkuasa di semua produk-produk Apple.

Dengan putusan Apple menggunakan produk Intel ternyata meningkatkan performa dan popularitas MacBook Pro. Lalu keluarlah MacBook Air yang juga menggunakan Intel sebagai prosesor yang dikenal sebagai laptop paling tipis di dunia.

9. iPhone
Kehadiran iPhone pertama kali dikenalkan pada acara MacWorld 2007 dengan banyak inovasi pada sebuah telepon genggam. Hadir dengan kontrol teknologi layar sentuh yang merevolusi banyak kelemahan teknologi smartphone saat itu. Ini merupakan perangkat komunikasi yang menonjolkan keunggulan multimedia yang canggih termasuk seluruh fitur iPod, telepon seluler dan internet. iPhone pertama hadir 29 Juli 2007 dengan harga $499 dengan kontrak khusus perusahaan telekomunikasi ternama AT&T.

Rahasia kesuksesan iPhone adalah pada teknologi layar sentuhnya. iPhone sudah hadir dalam berbagai seri seperti iPhone 3G, iPhone 4 dan terakhir iPhone 4S dan segera menyusul iPhone 5. Perlu diketahui bahwa kemunculan iPhone 4S hadir sehari sebelum Steve Jobs meninggal dunia. Sejak kemunculan pertama iPhone telah terjual hampir 100 juta unit sejauh ini dan akan terus bertambah.

10. iPad
Inilah produk fisik terakhir yang dihasilkan oleh tangan dingin Steve Jobs, komputer tablet pertama dan revolusioner hadir memenuhi kebutuhan Anda akan sebuah komputer dengan mobilitas tinggi dan penuh kecanggihan multimedia, iPad. iPad dalam sekejap sukses dan laris manis serta menjadi pionir dari perusahaan lain untuk membuat produk sejenis. iPad sungguh fenomenal dan banyak digandrungi oleh orang yang sangat suka fleksibilitas akses internet dan bekerja.

Pertama kali Jobs mempresentasikan produk ini dengan menyebutkan sebagai “magical device“. Banyak kritik yang mengalir ketika ada rencana meluncurkan produk komputer tablet karena dahulu sudah pernah ada dan gagal dipopulerkan oleh banyak vendor. Namun iPad menjawabnya dengan jelas bahwa ini adalah sebuah tantangan yang menjawab semua pertanyaan itu. Produk ini segera laris manis dan sejauh ini telah menjual 15 juta unit ke seluruh dunia walaupun mulai tumbuh pesaing yang mengganggu. Jumlah penjualan ini akan terus bertambah dengan kehadiran iPad 2 dan terus semakin mengukuhkan iPad sebagai tablet terbaik hingga saat ini.

Steve Jobs memang dikenal sebagai seorang yang visioner, Petikan pengumuman Apple ketika Jobs meninggal dunia:

“Apple has lost a visionary and creative genius, and the world has lost an amazing human being. Those of us who have been fortunate enough to know and work with Steve have lost a dear friend and an inspiring mentor. Steve leaves behind a company that only he could have built, and his spirit will forever be the foundation of Apple.”

Farewell Mr. Jobs…

sumber:http://www.sejutablog.com/10-karya-revolusioner-steve-jobs/