Friday, November 25, 2011

Inilah Alasan Bahayanya Bawa Air Zamzam dalam Koper

Hingga saat ini masih banyak jamaah yang nekat membawa air zamzam. Padahal selain dilarang pihak Kerajaan Arab Saudi membawa sembarang zamzam ke luar negeri, membawa air suci dengan koper juga
berbahaya bagi penerbangan.

Ada dua hal yang dapat mengakibatkan bahaya jika memasukkan air zamzam ke dalam koper. Jika air zamzam tidak tersimpan rapi maka akan mengakibatkan kebocoran, dan ini bisa membasahi koper lainnya di dalam cargo pesawat.

Selanjutnya, jika jeriken air zamzam bocor dan membasahi koper, berpotensi terkena kabel-kabel listrik pesawat yang dapat membahayakan penerbangan. Jika hal ini terjadi, maka penumpang sendirilah yang akan menanggung akibatnya.

Demikian disampaikan Vice President For Haj, Hadi Syahrean, kepada wartawan, belum lama ini. Karena itu, Garuda Indonesia terus mengimbau jamaah haji agar tidak terus berupaya menyembunyikan air zamzam di dalam koper.

Jika Saudi Airline membongkar seribu lebih koper jamaah haji dari 8 kelompok penerbangan SUB dan JKS, Garuda Indonesia juga telah membongkar 48 koper milik klotr 11 UPG. Hal ini disebabkan pihak Garuda menemukan sejumlah koper yang dimodifikasi jamaah haji agar bisa memuat banyak zamzam.

“Kita bongkar dan sudah kita kembalikan, kirim kembali ke Tanah Air. Koper tersebut sempat tertahan tiga hari,” paparnya.

Karena itu, Hadi menegaskan sekali lagi mengenai larangan jamaah agar tidak membawa air zamzam. “Kita saja nolak, apalagi security bandara,” tegasnya.