Sunday, December 18, 2011

7 Etika dalam Memberikan Uang Tip

Saat berlibur ke suatu tempat, tidak jarang Anda memberikan uang tip saat mendapatkan pelayanan yang baik, seperti di hotel atau restoran. Namun Anda harus tahu bahwa ada saatnya harus memberikan tip, dan
ada kalanya Anda harus menyimpannya dan cukup bilang "terima kasih".

Jika memberikan tip merupakan sesuatu hal yang memang bisa diterima dalam suatu negara atau tempat Anda pergi, berikut beberapa peraturan standar dan etiket yang mungkin Anda harus ingat saat hendak memberikan tip:

1. Pastikan waktu Anda tepat saat memberikan tip. Jika saatnya tepat, tip akan menjadi hal yang disukai dan itu merupakan bentuk dari rasa “terima kasih”. Bila saatnya kurang tepat, tip bisa diartikan sebagai penghinaan, bahkan suap.

2. Bila Anda meminta sejumlah orang dari staf hotel untuk menolong Anda melakukan suatu hal lebih dari sekali, tip merupakan sebuah keharusan. Namun, jangan melakukan hal tersebut seandainya hotel tidak memberlakukan pemberian tip.

3. Tip saat di restauran biasanya ditetapkan sekitar 15% dari jumlah total bill. Tapi pastikan dulu apakah total bill sudah termasuk jasa pelayanan.

4. Memberikan tip untuk orang tertentu dengan harapan bisa mendapat perlakuan spesial selama Anda menginap di hotel sangatlah diperbolehkan, tentunya apabila peraturan hotel tidak melarangnya.

5. Selalu periksa apakah hotel tempat Anda menginap tidak memiliki peraturan akan larangan pemberian tip. Biasanya penginapan yang dikelola oleh sebuah keluarga melarang hal tersebut. Tetapi bila ada staf yang bukan bagian dari keluarga anda bisa memberikannya.

6. Gunakanlah uang dengan jumlah pecahan yang tidak terlalu besar saat membayar bill agar Anda tak perlu lagi mencar-cari pecahan uang kecil saat ingin memberikan tip.

7. Jika Anda tak memiliki uang kecil, lebih baik tidak memberikan tip. Ini lebih baik dibandingkan Anda memberikan tip dan setelahnya meminta kembalian kepada orang yang telah melayani Anda.

sumber:mediaindonesia