Tuesday, December 20, 2011

Inilah 13 Tempat Donat Terenak di Amerika!

Siapa yang tak suka donat? Roti goreng berlubang di tengah ini menjadi favorit anak-anak sampai orang dewasa di sekuruh dunia. Ternyata, donat menjadi makanan yang selalu disajikan di hari raya Hanukkah yang
jatuh pada hari ini.

Hanukkah adalah hari raya agama Yahudi yang dirayakan selama 8 hari dengan menyalakan Menorah (tempat lilin bercabang 9). Tahun ini, perayaan Hanukkah jatuh pada tanggal 20 Desember, saat terbenamnya matahari.

Donat menjadi sajian khas saat Hanukkah karena donat digoreng dengan minyak. Minyak tersebut merupakan perlambang minyak ajaib yang membuat lilin terus menyala selama 8 hari. Jenis donat yang biasa dimakan adalah yang berisi jeli strawberry, atau biasa disebut sufganiyot dalam Bahasa Ibrani.

Kini donat memiliki bentuk dan topping bermacam-macam. Bentuknya tidak selalu bulat dan berlubang di tengah. Topping atau isiannya pun tidak melulu manis.

Berikut ini beberapa jenis donat unik dan enak pilihan The Daily Meal berikut yang patut cicipi oleh penggemar donat.

Austin
Mampirlah ke toko Gourdough's dan coba Flying Pig. Donat ini merupakan perpaduan rasa manis dari topping sirup maple dan gurih dari daging babi asap yang crispy.

Boston
Di toko Flour Bakery, Anda bisa menikmati ringannya donat brioche dengan selimut gula halus dan vanila. Hmm... yummy!

Chicago
Dinkel's terkenal dengan donat sari apelnya yang digulingkan di atas campuran gula dan kayu manis bubuk.

Washington DC
Nikmati donat bertabur gula halus di Tabard Inn. Cocol dengan whipped cream dan berry dalam mangkuk kecil yang jadi wadahnya.

Las Vegas
Pernah coba donat bertopping es krim sundae? Di Al's Donuts ada. Es krimnya menjulang tinggi, disiram dengan saus cokelat dan ditaburi potongan kacang.

Los Angeles
Randy's Donuts terkenal dengan donat raksasa di atap tokonya. Tidak itu saja, Anda harus mencicipi keunikan donatnya yang berselimut parutan kelapa.

Miami
Ingin merasakan donat dengan isian jeli yang beda? Datanglah ke Sunshine Donuts. Di sini tersedia donat dengan selai jambu dan mamey (sawo Meksiko).

New Orleans
Jika sedang berada di New Orleans, cobalah beignet (donat berbentuk kotak disiram dengan gula halus) di Cafe du Monde.

New York City
Seperti namanya, toko Bomboloni terkenal dengan donat bomboloni (donat bundar dengan isian). Pesanlah bomboloni madu yang diberi topping honeycomb dan bee pollen.

Philadelphia
Di Federal Donuts, ada donat vanila lavender dan biji markisa. Penasaran?

San Fransisco
Toko kecil bernama Bobs Donut & Pastry Shop punya donat dengan potongan apel (apple fritter). Rasakan sendiri nikmatnya.

Seattle
Donat atau French toast? Di Mighty-O Donuts Anda bisa menemukan kombinasi keduanya, termasuk donat dan kolaborasi cokelat-kelapa.

Oregon
Berbeda dengan namanya tokonya yang menyeramkan, Voodoo Doughnut justru punya donat dengan tampilan lucu seperti Dirty Snowball (donat dengan topping marshmallow pink) dan The Loop (donat bertopping vanila dan snack cincin warna-warni rasa buah).

sumber:detikfood