Wednesday, December 21, 2011

8 Sanksi Terlama di Sepakbola Inggris

Masih ingat dengan tendangan kungfu Eric Cantona kepada suporter Crystal Palace? Sepakbola Inggris memang punya sejarah panjang terkait pelanggaran aturan yang berbuntut sanksi.
 Hukuman delapan pertandingan dan denda 40 ribu pounds kepada Luis Suarez bukanlah sanksi terlama yang pernah dijatuhkan FA. Rio Ferdinand misalnya pernah dikenai larangan bertanding hingga sembilan bulan pada Desember 2003 akibat gagal tes doping.

Berikut adalah beberapa sanksi terlama yang pernah dijatuhkan FA terhadap pemain-pemain di sepakbola Inggris seperti disarikan dari Sky Sports, Rabu (21/12):

Tiga Pemain Wednesday
Sekitar tahun 1960-an tiga pemain Sheffield Wednesday, David Layne, Peter Swan, dan Tony Kay dihukum seumur hidup akibat terbukti bertaruh 100 pounds agar timnya kalah. Usai penyelidikan lanjutan, diketahui 10 bekas dan pemain yang masih aktif juga terbukti terlibat. Belakangan, sanksi tiga pemain tersebut dikurangi menjadi tujuh tahun.

Vinie Jones
Pemain Wimbledon ini dihukum larangan bertanding enam bulan pada November 1992 dan denda 20 ribu pounds karena komentarnya soal kekerasan dalam sepakbola dan trik-trik curang para pemain.

Eric Cantona
Legenda hidup Manchester United ini dihukum larangan bertanding sembilan bulan dari dunia sepakbola akibat menendang fans Crystal Palace, Matthew Simmons pada 1995 ketika Setan Merah menghadapi tuan rumah Palace di Stadion Selhurst Park. Selain sanksi larangan bertanding, Cantona juga diharuskan melakukan 120 jam kerja sosial.

Paolo di Canio
Striker asal Italia yang ketika itu bermain di Sheffield Wednesday ini dikenai larangan 11 pertandingan dan denda 10 ribu pounds pada September 1998 karena mendorong wasit Paul Alcock dalam laga melawan Arsenal.

Roy Keane
Kapten Manchester United ini dihukum lima pertandingan dan denda 150 ribu pounds pada Oktober 2002 karena tulisan dalam buku otobiografinya yang kontroversial—Keane: The Autobiography—soal pemain Manchester City yang sengaja dia cederai, Alfie Haaland.

Rio Ferdinand
Rio Ferdinand yang kala itu baru setahun memperkuat Manchester United dihukum larangan bertanding 10 bulan pada Desember 2003 karena lalai menjalankan tes doping.

Mark Bosnich
Pada April 2003 kiper asal Australia, Mark Bosnich yang masih membela Chelsea dihukum sembilan bulan aktif di dunia sepakbola karena kedapatan mengonsumsi kokain. Kontraknya di The Blues langsung diputus.

David Prutton
Gelandang Southampton ini dihukum 10 pertandingan dan denda 6 ribu pound usai menyikut wasit Alen Wiley yang berbuah kartu merah ketika menghadapi Arsenal pada 2005 silam.

sumber:okezone